Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Alarm Motor CR7 pada Yamaha Scorpio

Alarm Motor CR7 adalah alarm motor yang sudah banyak di edarkan di indonesia, alarm ini cukup murah yaitu dibandrol dengan harga Rp 100,000 s/d Rp 200,000. alam ini bisa didapatkan di toko online seperti shopee, bukalapak, tokopedia.

Berikut ini adalah warna kabel alarm Alarm CR7 yang akan disambungkan pada kabel kendaraan Yamaha SCORPIO

A. Pengertian Warna Kabel Alarm CR7 :


1. Kabel merah Alarm CR7 adalah kabel yang perlu disambungkan pada terminal Accu kendaraan Yamaha SCORPIO.

2. Hitam Alarm CR7 adalah kabel yang perlu disambung pada terminal Accu kendaraan Yamaha SCORPIO.

3. Orange/Coklat Alarm CR7 adalah kabel sensor yang perlu disambung pada kabel output kunci kontak Yamaha SCORPIO sebagai seonsor ketika kunci dibobol maling atau sebagai supplay tegangan ketika sedang melakukan stater dari remote.

4. Biru Alarm CR7 adalah kabel yang berfungsi untuk stater mesin, kabel ini bertegangan positif 3-4detik jika sedang menekan tombol stater dari remote. kabel ini biasa disambung pada kabel stater positif kendaraan Yamaha SCORPIO.

5. Abu-abu Alarm CR7 adalah kabel bermuatan negatif jika alarm berbunyi, kabel ini biasa disambung pada system cut engin kendaraan Yamaha SCORPIO.

6. Pink Alarm CR7 adalah kabel bermuatan negatif jika alarm berbunyi, kabel ini biasa disambung pada system cut engine kendaraan Yamaha SCORPIO.

7. Kuning 1 Alarm CR7 adalah kabel bermuatan positif jika alarm berbunyi, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kendaraan Yamaha SCORPIO.

8. Kuning 2 Alarm CR7 adalah kabel kabel bermuatan positif jika alarm berbunyi, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kendaraan Yamaha SCORPIO.

Jika sobat Blogger sudah tau fungsi dari kabel Alarm CR7 yang perlu disambung pada kendaraan Yamaha SCORPIO, kita akan lanjut ke langkah berikutnya.


B. Langkah – langkah pemasangan Alarm CR7


1. Lepas cover Kendaraan Yamaha SCORPIO yg hanya perlu saja untuk melakukan penyambungan kabel Alarm CR7.

2. Lepas kabel positif Accu kendaraan agar aman dalam penyambungan kabel Alarm CR7.

3. Letakkan module Alarm CR7 dan speaker didepan jika kendaraan bebek/matic dan letakkan dibelakang jika kendaraan sport.

4. Untuk cara penyambungan agar lebih tahan lama dan awet bertahun-tahun gunakan cara penyambungan yang baik, dengan cara disolder pada tiap penyambungan kabel Alarm CR7 dan diisolasi yang kuat, isolasi yang dipakai harus tahan air.

5. Sambungkan kabel Alarm CR7 warna MERAH ke terminal positif Accu atau pada kabel warna Merah pada kunci kontak kendaraan Yamaha SCORPIO.

6. Sambungkan kabel alarm warna HITAM alarm ke terminal negatif Accu atau pada kabel warna Hitam/massa kendaraan Yamaha SCORPIO.

7. Untuk saat ini alarm sudah bisa berbunyi ketika ditombol lock/unlock pada remote Alarm CR7.

8. Penyambungan kabel ORANGE/COKLAT alarm CR7, pada kabel warna coklat pada kunci kontak motor Yamaha SCORPIO.

9. Sambungkan kabel warna BIRU alarm CR7 pada kabel stater kendaraan Yamaha SCORPIO. Dikarenakan Stater kendaraan Yamaha SCORPIO adalah tegangan negative, maka diperlukan penambahan relay untuk memodifikasi kabel biru alarm yang awalnya positif akan kita ganti menjadi negative.

Caranya :

Beli Relay 12vdc 5 kaki yang ada nomor kaki relay 85, 86, 30 dan 87 ditempat terdekat biasa dijual di bengkel mobil atau motor dan bisa anda dapatkan di toko sparpart kendaraan dengan harga sekitar Rp 5.000 sd Rp 30.000 tiap daerah berbedah.

Untuk penyambungan Anda bisa sambungkan kaki relay 85 pada kabel Alarm CR7 warna Biru.

Kaki relay nomor 86 dan 30 sambungkan pada kabel negative Yamaha SCORPIO. Dan yang Terakhir sambungkan kaki relay no. 87 pada stater negative Yamaha SCORPIO yaitu warna biru garis putih yang terletak pada relay bendik stater dekat accu atau bisa sobat sambungkan pada kabel stater yg ada ditombol stater Yamaha SCORPIO.

Saat ini Yamaha SCORPIO sudah bisa distater dari remote alarm CR7, ingat kalau mau stater dari remote posisikan kendaraan Yamaha SCORPIO posisi standar Tengah dan Gigi Netral.

10. Sambungkan Kabel warna Pink dan Abu-abu Alarm CR7 ke kabel kunci kontak yaitu kabel warna hitam garis putih pada kendaraan Yamaha SCORPIO, kabel tersebut adalah kabel massa yang keluar dari kunci kontak menuju CDI.

Silakan Rangkai seperti gambar dibawah Ini :  



11. Sambungkan kabel warna KUNING 1 Alarm CR7 ke kabel sein kiri belakang atau depan yaitu warna Coklat Tua pada kendaraan Yamaha SCORPIO.

12. Sambungkan kabel warna KUNING 2 Alarm CR7 ke kabel sein kanan belakang atau depan yaitu warna Hijau Tua kendaraan Yamaha SCORPIO.

C. Pengujian alarm pada motor :


1) Tekan tombol LOCK , tombol ini berfungsi untuk mengunci atau mengaktifkan Alarm CR7 ketika kendaraan Yamaha SCORPIO diparkir. Alarm CR7 akan berbunyi jika kunci dibobol atau disentuh. Tekan tombol UNLOCK untuk mematikan Alarm CR7.

2) Tombol UNLOCK ,tombol ini befungsi untuk mematikan Alarm CR7 ketika alarm berbunyi atau berfungsi mematikan mesin ketika mesin dihidupkan dari remote.

3) Tombol SIRINE , tombol ini berfungsi untuk mencari kendaraan di parkiran luas, Alarm CR7 akan berbunyi dan sein kanan-kiri akan berkedip-kedip pada kendaraan Yamaha SCORPIO.

4) Tombol PETIR ,tombol ini berfungsi menghidupkan mesin dari remote Alarm CR7, tekan 2 kali dengan cepat sampai spidometer & mesin hidup kendaraan Yamaha SCORPIO. Dan untuk mematikan mesin tekan tombol UNLOCK 1kali pada Remote Alarm CR7.

Tips dari Admin : bila dalam keadaan darurat ketika kendaraan Yamaha SCORPIO anda dirampas dijalan sepi oleh perampok, tekan tombol LOCK dan seketika mesin akan mati dan alarm berbunyi terus menerus, untuk mematikan alarm anda harus menekan tombol UNLOCK pada remote Alarm CR7.

Demikian artikel tentang Cara Pasang Alarm Motor CR7 pada Yamaha Scorpio semoga bermanfaat untuk kita semua.

Rania Nur Aisyah
Rania Nur Aisyah Saya adalah seorang penulis sejak 2011

Post a Comment for "Cara Pasang Alarm Motor CR7 pada Yamaha Scorpio"