Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Pasang Alarm Motor SECUSTAR pada Yamaha New Vixion

Maraknya pencuri sepeda motor di depan toko atau indomart banyak masyarakat yang ingin mengamankan sepeda motornya dengan cara apapun dengan cara pasang gembok cakram, gembok stang stir dan pasang alarm motor.

Alarm Motor tidak dijual pada semua bengkel atau toko sparpart kendaraan bermotor namun kalau di toko online seperti tokopedia, shopee, bukalapak dan market-market online lainnya banyak sekali dan harganya pun bervariasi. mulai dengan Rp 50,000 s/d Rp 1,000,000.

Untuk panduan pemasang alarm motor dibuat standard untuk semua type kendaraan, tapi... kalau orang bengkel yg sudah profesional pasti mengerti tapi yg masih pemula pasti bingung dan masih mencoba-coba.

Maka dari itu saya akan membuat Tutorial agar bisa membantu kalian sumua dalam melakukan pemasangan alarm motor pada kendaraan pribadi ataupun ke customer.

Berikut ini adalah postingan artikel yang berjudul: Tutorial Pasang Alarm Motor Secustar pada Yamaha New Vixion.




A. Pengertian Warna Kabel Alarm Secustar :


Berikut ini adalah warna kabel alarm Alarm SECUSTAR yang akan disambungkan pada kabel kendaraan Yamaha NEW VIXION

1. Kabel merah Alarm SECUSTAR adalah kabel yang perlu disambungkan pada terminal Accu kendaraan Yamaha NEW VIXION.

2. Hitam Alarm SECUSTAR adalah kabel yang perlu disambung pada terminal Accu kendaraan Yamaha NEW VIXION.

3. Orange/Coklat Alarm SECUSTAR adalah kabel sensor yang perlu disambung pada kabel output kunci kontak Yamaha NEW VIXION sebagai seonsor ketika kunci dibobol maling atau sebagai supplay tegangan ketika sedang melakukan stater dari remote.

4. Biru Alarm SECUSTAR adalah kabel yang berfungsi untuk stater mesin, kabel ini bertegangan positif 3-4detik jika sedang menekan tombol stater dari remote. kabel ini biasa disambung pada kabel stater positif kendaraan Yamaha NEW VIXION.

5. Abu-abu Alarm SECUSTAR adalah kabel bermuatan negatif jika alarm berbunyi, kabel ini biasa disambung pada system cut engin kendaraan Yamaha NEW VIXION.

6. Pink Alarm SECUSTAR adalah kabel bermuatan negatif jika alarm berbunyi, kabel ini biasa disambung pada system cut engine kendaraan Yamaha NEW VIXION.

7. Kuning 1 Alarm SECUSTAR adalah kabel bermuatan positif jika alarm berbunyi, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kendaraan Yamaha NEW VIXION.

8. Kuning 2 Alarm SECUSTAR adalah kabel kabel bermuatan positif jika alarm berbunyi, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kendaraan Yamaha NEW VIXION.

Jika sobat Blogger sudah tau fungsi dari kabel Alarm SECUSTAR yang perlu disambung pada kendaraan Yamaha NEW VIXION, kita akan lanjut ke langkah berikutnya.

B. Langkah –langkah pemasangan Alarm Secustar


1. Lepas cover Kendaraan Yamaha NEW VIXION yg hanya perlu saja untuk melakukan penyambungan kabel Alarm SECUSTAR.

2. Lepas kabel positif Accu kendaraan agar aman dalam penyambungan kabel Alarm SECUSTAR.

3. Letakkan module Alarm SECUSTAR dan speaker didepan jika kendaraan bebek/matic dan letakkan dibelakang jika kendaraan sport.

4. Untuk cara penyambungan agar lebih tahan lama dan awet bertahun-tahun gunakan cara penyambungan yang baik, dengan cara disolder pada tiap penyambungan kabel Alarm SECUSTAR dan diisolasi yang kuat, isolasi yang dipakai harus tahan air.

5. Sambungkan kabel Alarm SECUSTAR warna MERAH ke terminal positif Accu kendaraan Yamaha NEW VIXION.

6. Sambungkan kabel alarm warna HITAM alarm ke terminal negatif Accu kendaraan Yamaha NEW VIXION.

7. Untuk saat ini alarm sudah bisa berbunyi ketika ditombol lock/unlock pada remote Alarm SECUSTAR.

8. Penyambungan kabel ORANGE/COKLAT alarm SECUSTAR, pada kabel warna merah garis putih letaknya ada diatas Accu Yamaha New Vixion.

9. Sambungkan kabel warna BIRU alarm SECUSTAR pada kabel stater kendaraan Yamaha NEW VIXION. Dikarenakan Stater kendaraan Yamaha NEW VIXION adalah tegangan negative, maka diperlukan penambahan relay untuk memodifikasi kabel biru alarm yang awalnya positif akan kita ganti menjadi negative.

Caranya :

Beli Relay 12vdc 5 kaki yang ada nomor kaki relay 85, 86, 30 dan 87 ditempat terdekat biasa dijual di bengkel mobil atau motor dan bisa anda dapatkan di toko sparpart kendaraan dengan harga sekitar Rp 5.000 sd Rp 30.000 tiap daerah berbedah.

Untuk penyambungan Anda bisa sambungkan kaki relay 85 pada kabel Alarm SECUSTAR warna Biru.

Kaki relay nomor 86 dan 30 sambungkan pada kabel negative Yamaha NEW VIXION. Dan yang Terakhir sambungkan kaki relay no. 87 pada stater negative Yamaha NEW VIXION yaitu warna biru garis putih yang terletak pada relay bendik stater dekat accu atau bisa sobat sambungkan pada kabel stater yg ada ditombol stater Yamaha New Vixion.

 
Untuk lebih jelasnya bukan situs https://skemarelay.blogspot.com untuk melihat Pasang Relay 4 Kaki Pada Yamaha NEW VIXION Sebagai Stater Dari Remote Alarm SECUSTAR.

Saat ini Yamaha NEW VIXION sudah bisa distater dari remote alarm SECUSTAR, ingat kalau mau stater dari remote posisikan kendaraan Yamaha NEW VIXION posisi standar Tengah dan Gigi Netral.

10. Sambungkan Kabel warna ABU-ABU Alarm SECUSTAR ke kabel pulser yaitu kabel warna pink pada kendaraan Yamaha NEW VIXION, kabel tersebut keluar dari dalam mesin letaknya ada disamping kiri dibawah tangki kendaraan.

11. Sambungkan kabel warna KUNING 1 Alarm SECUSTAR ke kabel sein kiri belakang atau depan yaitu warna Coklat Tua pada kendaraan Yamaha NEW VIXION.

12. Sambungkan kabel warna KUNING 2 Alarm SECUSTAR ke kabel sein kanan belakang atau depan yaitu warna Hijau Tua kendaraan Yamaha NEW VIXION.

13. Kabel Pink dalam pemasangan Alarm SECUSTAR pada kendaraan Yamaha NEW VIXION ini tidak dipakai.

C. Pengujian alarm pada motor :


1) Tekan tombol LOCK , tombol ini berfungsi untuk mengunci atau mengaktifkan Alarm SECUSTAR ketika kendaraan Yamaha NEW VIXION diparkir. Alarm SECUSTAR akan berbunyi jika kunci dibobol atau disentuh. Tekan tombol UNLOCK untuk mematikan Alarm SECUSTAR.

2) Tombol UNLOCK ,tombol ini befungsi untuk mematikan Alarm SECUSTAR ketika alarm berbunyi atau berfungsi mematikan mesin ketika mesin dihidupkan dari remote.

3) Tombol SIRINE , tombol ini berfungsi untuk mencari kendaraan di parkiran luas, Alarm SECUSTAR akan berbunyi dan sein kanan-kiri akan berkedip-kedip pada kendaraan Yamaha NEW VIXION.

4) Tombol PETIR ,tombol ini berfungsi menghidupkan mesin dari remote Alarm SECUSTAR, tekan 2 kali dengan cepat sampai spidometer & mesin hidup kendaraan Yamaha NEW VIXION. Dan untuk mematikan mesin tekan tombol UNLOCK 1kali pada Remote Alarm SECUSTAR.

Tips dari Admin : bila dalam keadaan darurat ketika kendaraan Yamaha NEW VIXION anda dirampas dijalan sepi oleh perampok, tekan tombol LOCK dan seketika mesin akan mati dan alarm berbunyi terus menerus, untuk mematikan alarm anda harus menekan tombol UNLOCK pada remote Alarm SECUSTAR.

Demikian artikel tentang Tutorial Pasang Alarm Motor Secustar Pada Yamaha pada Yamaha New Vixion semoga bermanfaat untuk kita semua. jika ada pertanyaan seputar artikel ini silakan berkomentar dibawah atau whatapp saya melalui icon whatapp.

Rania Nur Aisyah
Rania Nur Aisyah Saya adalah seorang penulis sejak 2011

Post a Comment for "Tutorial Pasang Alarm Motor SECUSTAR pada Yamaha New Vixion"