Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Pasang Alarm Secustar | Honda Beat Pop FI

rajaalarmmotor.com – Helo, sobat blogger, terimakasih sudah visit ke blog kami dan kami pun senang anda berkunjung ke blog kami.

Pada kesempatan kali ini kita akan buat artikel mengenai tutorial pasang alarm sepeda motor, dimana sekarang sudah banyak sekali beredar produk alarm sepeda motor di Indonesia.

Produk ini dijual pada took-toko tertentu, dan sudah banyak sekali pilihannya jika anda mencari pada took online seperti:

  1. Tokopedia
  2. Bukalapak
  3. Shopee

Judul Postingan kali ini akan saya buat yaitu: Cara Pasang Alarm Secustar pada Honda Beat Pop FI




Sebelumnya anda harus tau apay g disebut alarm Secustar dan alat ini kerjanya seperti apa, berikut ini adalah pengertiannya.

PENGERTIAN ALARM SECUSTAR


Alarm Secustar adalah alat electronika yang bekerja pada tegangan 12vdc yg terhubung dengan kabel internal sepeda motor untuk melindungi sepeda motor dari pencurian secara electrical.

FITUR YANG DIMILIKI ALARM SECUSTAR


Alarm Secustar memiliki fitur yang bagus melindungi sepeda motor dan membuat sepeda motor semakin menarik. Berikut ini adalah fitur alarm motor Secustar:

  1. ANTI BOBOL KUNCI
  2. ANTI GETAR
  3. FLASHING LAMP
  4. SEARCH
  5. ANTI BEGAL

Honda Beat Pop FI adalah kendaraan Metic yang sangat disukai kalangan remaja Indonesia. Motor ini juga ramah lingkungan, enak dikendarai apalagi di jalan aspal.

Saya juga pernah mempunyai motor seperti ini namun sekarang sudah dijual, Jika Sobat ingin kendaraan Lebih aman lagi, silakan Sobat pasang pengaman yaitu Alarm Secustar motor, Alarm Secustar motor bervariasi bisa berupa sidik jari, bisa berupa sentuhan tangan, bisa juga memakai kode-kode dan yang paling utama ini adalah memakai remote seperti Alarm Secustar remote pada mobil.

Sepeda Motor Honda Beat Pop FI bisa di pasang Alarm sepeda motor seperti merk Alarm Secustar  ,Alarm remote v12, Alarm remote BHT, Alarm remote vinyx, Alarm remote panastar, Alarm remote Mp, one way Alarm remote MP Two Way, Alarm remote x case, Alarm remote x-ride ,Alarm remote WM, Alarm remote Secustar dan banyak lagi.

Untuk harga sendiri Alarm Secustar remot merk ini bervarian saya Sebutkan satu saja yaitu merk Alarm Secustar, untuk tahun ini yaitu tahun 2020 bulan Juli seharga Rp175.000 harga bisa berubah sewaktu-waktu semakin lama maka semakin mahal.

Pasang Alarm Secustar motor terdekat, Sobat bisa masang Alarm Secustar remote jenis ini di tempat Sobat di tempat bengkel-bengkel terdekat, namun jika di tempat Sobat tidak ada bengkel yang khusus pemasangan Alarm Secustar Sobat bisa memasangnya sendiri.

Sobat bisa memasang Alarm Secustar sendiri dengan menggunakan alat-alat sederhana seperti obeng kunci pas atau ring untuk membuka cover yang perlu saja dan jangan lupa untuk bahan-bahannya yaitu isolasi listrik solder dan timah gunakan solder untuk tiap sambungan agar penyambungan lebih sempurna dan tahan lama.

Setiap pembelian Alarm Secustar motor Sobat selalu mendapatkan manual book yaitu berupa panduan pemasangan serta skema pemasangan Alarm Secustar pada motor tertentu terkadang skema ini tidak cocok untuk motor-motor yang terbaru, kali ini jika Sobat bingung menerapkan manual book bawaan Alarm Secustar Sobat bisa mengikuti panduan-panduan yang saya buat di bawah ini.

Silakan lepas kabel baterai motor Sobat agar dalam penyambungan kabel Alarm Secustar pada motor Sobat aman.

Banyak kejadian dalam pemasangan Alarm Secustar mengakibatkan fuse atau sekring motor putus dikarenakan short body

PENYAMBUNGAN KABEL ALARM SECUSTAR


Penyambungan Kabel Alarm Secustar Warna Merah
Penyambungan Alarm Secustar ke kabel motor sambungkan kabel Alarm Secustar warna merah pada baterai positif (+) atau bisa juga Sobat sambungkan pada kabel kunci kontak

yang ada di soket yaitu warna merah garis hitam, silakan Sobat menyambungkan kabel Alarm Secustar warna merah ini pada kabel kunci kontak agar penyambungan baik, Sobat gunakan solder, jika sudah di solder silakan diisolasi jika sudah kita akan lanjut langkah-langkah berikutnya.

Penyambungan Kabel Alarm Secustar Warna Hitam
Berikutnya adalah penyambungan kabel warna hitam, kabel warna hitam Alarm Secustar ini adalah kabel negatif (-) kabel ini harus Sobat sambungkan pada kabel negatif (-) motor Beat yaitu warna hijau garis hitam dan hijau polos, jika hanya Sobat sambungkan pada salah satu kabel negatif motor ini, maka salah satu kelistrikan yaitu kelistrikan penerangan atau kelistrikan pompa injeksi salah satunya tidak berfungsi jika penyambungan sudah selesai silakan penyambungannya di solder agar baik setelah penyolderan selesai silakan diisolasi dan kita akan melanjutkan ke tahap berikutnya.

Penyambungan Kabel Alarm Secustar Warna Orange
Langkah selanjutnya adalah penyambungan kabel orange kabel oranye Alarm Secustar ini adalah kabel bermuatan positif berfungsi sebagai sensor kunci dibobol atau sebagai penyuplai tegangan 12 volt pada kunci kontak ketika Sobat melakukan start mesin melalui remote silakan kabel ini Sobat sambungkan pada output kunci kontak yaitu warna hitam.

Kabel ini bisa Sobat Temukan pada soket kunci kontak di bagian depan lakukan hal yang sama silakan tiap sambungan disolder dan diisolasi jika sudah selesai kita akan melanjutkan tahap berikutnya.

Penyambungan Kabel Alarm Secustar Warna Biru
Tahapan berikutnya adalah penyambungan kabel warna biru Alarm Secustar motor, kabel biru ini berfungsi sebagai starter, kabel ini sendiri bermuatan positif hanya 3 detik setelah Sobat melakukan starter pada remote, agar starter mesin Sobat bisa dikendalikan dari remote silakan kabel warna biru Alarm Secustar ini Sobat sambungkan pada starter motor Beat yaitu kabelnya berwarna kuning garis hijau.

Kabel ini bisa Sobat temukan pada kabel tombol starter pada motor atau bisa ditemukan di kumpulan soket atau bisa juga dibandik starter, setelah penyambungan selesai lakukan penyolderan dan diisolasi Jika pekerjaan ini udah selesai kita lanjut ke langkah berikutnya.

Penyambungan Kabel Alarm Secustar Warna Kuning
Langkah selanjutnya adalah penyambungan kabel kuning Alarm Secustar motor, kabel kuning pada Alarm Secustar motor ini berjumlah dua kabel masing-masing bermuatan positif, kabel ini berfungsi untuk menyalakan lampu sein kanan dan kiri motor.

Ingat jangan salah penyambungan, kabel ini adalah kabel positif jika Sobat sambung pada negatif maka akan terjadi Short sirkuit yang menyebabkan fuse atau sekring baterai motor putus, silakan sambungkan kabel kuning ini pada kabel sein kanan bisa posisi depan ataupun belakang pilih yang terdekat.

Silakan Sobat sambungkan pada kabel warna biru muda atau agak abu-abu yaitu sein kiri, terus kabel kuning satunya bisa Sobat sambungkan pada sein kanan Honda Beat Pop FI warna orange jika penyambungan sudah selesai Sobat bisa solder tiap penyambungan dan melakukan isolasi agar aman.

Untuk kabel warna pink Alarm Secustar dalam penyambungan pada kendaraan ini tidak perlu di sambung biarkan saja.

Penyambungan Kabel Alarm Secustar Warna Abu-abu
Langkah berikutnya adalah penyambungan kabel warna abu-abu Alarm Secustar, abu-abu Alarm Secustar ini adalah kabel bermuatan negatif kabel ini berfungsi untuk Cut engine. Biasanya pada motor-motor karbulator kabel ini dipasang pada kabel pulser, namun karena kendaraan ini adalah motor injeksi maka tidak disarankan dipasang pada pulser, disini admin akan memandu Sobat dalam merangkai relay tambahan untuk difungsikan sebagai Cut engine melalui kabel switch standar samping Honda Beat. silakan anda klik disini untuk menuju halaman Cara Pasang Relay Cut Engine Pada Honda Beat Pop Fi

CARA MENGUJI ALARM SECUSTAR


Untuk pengujian silakan pasang kembali kabel baterai positif (+) motor Sobat setelah pemasangan sudah selesai dan terisolasi dengan aman, silakan Sobat tekan tombol remote kunci tutup untuk mengaktifkan Alarm Secustar.

Lalu lakukan kunci ON pada motor maka Alarm Secustar akan berbunyi, lalu coba juga Sobat hidupkan motor Honda Beat Pop FI secara manual dengan tombol starter motor, pastikan bahwa mesin tidak akan bisa hidup walaupun sebentar bisa hidup Namun karena Alarm Secustar masih aktif maka mesin akan mati kembali. Untuk mematikan Alarm Secustar silakan tekan remote gambar kunci terbuka.

Yang kedua adalah menguji sensor getar, silakan pencet lagi remote gambar kunci tertutup, lalu buat getaran pada motor Sobat , yang akan menggerakkan sensor pada modul Alarm Secustar, jika modul Alarm Secustar mendapat getaran maka Alarm Secustar akan berbunyi lagi dan akan memproteksi mesin Sobat , sehingga mesin tidak akan bisa hidup lagi, ingat untuk mengaktifkan Alarm Secustar jika Alarm Secustar sudah menyala maka lampu kanan dan kiri akan menyala jika tidak menyala berarti penyambungan kabel kuning pada kabel sein kanan kiri motor Sobat belum benar.

Langkah selanjutnya adalah pengujian tombol lonceng, tombol ini berfungsi untuk mencari kendaraan di parkiran luas seperti mall, pencet tombol gambar lonceng 1x maka Alarm Secustar akan berbunyi dan lampu akan berkedip-kedip jika motor Sobat sudah ditemukan, maka silakan untuk mematikan tekan tombol kunci buka pada remote .

Selanjutnya adalah pengetesan tombol gambar listrik, tombol ini berfungsi untuk starter jarak jauh mesin motor Sobat dengan remote Alarm Secustar, ingat standar harus diposisikan Tengah agar motor Honda Beat Pop FI Sobat tidak loncat ketika mesin menyala, tekan 2x tombol starter pada remote dengan cepat maka mesin akan menyala untuk mematikan lagi Sobat bisa tekan tombol buka 1x, untuk starter dari remote ini Sobat tidak perlu memakai kunci kontak.

Demikian Artikel tentang Cara Pasang Alarm Secustar pada Honda Beat Pop FI, semoga bermanfaat.

Rania Nur Aisyah
Rania Nur Aisyah Saya adalah seorang penulis sejak 2011

Post a Comment for "Cara Pasang Alarm Secustar | Honda Beat Pop FI"