Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Tutorial Cara Pasang Relay 12vdc Untuk Pemasangan Alarm Motor Remote pada Yamaha Mio

rajaalarmmotor.com - Helo sobatku semua dimanapun anda berada, bertemu lagi dengan Mas Lubis admin blog ini, mari kita sama-sama mengembangkan konten ini dengan cara memberikan komentar positif pada postingan ini semoga konten ini bisa bermanfaat untuk kita semua.

Pada kesempatan ini admin akan membuat postingan artikel yg berjudul: Tutorial Cara Pasang Relay 12vdc Untuk Pemasangan Alarm Motor Remote pada Yamaha Mio

Anda mencari cara memasang relay untuk starter remote? anda tepat sekali mengunjungi halaman ini. 

Disini saya akan menerangkan cara merakit relay starter menggunakan relay Mini 12vdc 10A Type SPDT, di skema ini saya menggunakan Relay ini namun jika Anda menggunakan relay dengan tipe yang berbeda bisa saja silakan mengikuti pada nomor relay ini,

Saya merangkai relay ini memakai dua buah dikarenakan pada motor starternya membutuhkan dua output, yaitu positif dan output negatif. Contohnya pada yamaha mio, yamaha Nmax lama, Yamaha M3 dan lain-lain.

Disini saya tidak menyebutkan warna kabel pada motor, namun Saya akan menyebutkan nama bendik starter minus atau Plus, untuk melihat warna-warna kabel Anda bisa melihatnya pada warna kabel motor yang ada di menu navigasi situs ini.

Dimana harus membeli relay 12vdc 10A ?
Anda bisa membeli relay ini yaitu Relay 12vdc 10A, Relay ini bisa anda beli di toko elektronika untuk saat ini Harga masih sekitar Rp5.000 sampai Rp6.000, untuk mereknya bervariasi ya Tergantung stok pada toko.

Relay yang bagus seperti apa ?
Jangan memilih Relay yang warnanya transparan, pilih yang sudah di resin dan anti air biasanya warna biru, warna hitam. jangan memilih warna transparan, memang murah sekitar Rp 2.500 namun kualitasnya sangat jelek banget.




Cara merangkai relay stater :
Pada gambar diatas  adalah skema rangkaian dua buah relay dipergunakan untuk fungsi starter menggunakan 12vdc 10A, sejajarkan dua buah relay posisikan seperti gambar diatas, silakan siapkan kabel, solder listrik dan isolasi listrik,  lakukan penyambungan kabel seperti skema yang ada diatas:

  1. Baterai minus bisa anda sambungkan pada relay warna kuning nomor 86, lalu di cabang lagi ke relay warna pink di nomor 30 dan dicabang ke relay pink lagi pada kaki 86.
  2. Selanjutnya silakan kabel warna biru alarm, anda sambungkan pada relay warna kuning nomor 85 cabang lagi ke-30 lalu di cabang lagi ke relay warna pink nomor 85.
  3. Cari kabel bendik stater positif, kalau sudah ketemu kabelnya silakan sambungkan pada relay kuning nomor 87.
  4. Selanjutnya cari bendik stater minus, kalau sudah ketemu kabelnya silakan sambungan pada kaki relay 87 warna pink.

Jika penyambungan sudah selesai, silakan dicoba dulu kalau sudah berfungsi lakukan isolasi relaynya dengan tebal, agar tidak short ke body kendaraan yang menyebabkan sekering baterai kendaraan terputus.

Cara menguji rangkaian relay stater :
Cara menguji rangkaian relay yg perlu dilakukan adalah posisikan kendaraan pada posisi standar tengah, kemudian kunci motor harus posisi off, lalu hidupkan mesin dengan menekan tombol starter pada remote 2x, spidometer akan menyala dan mesin akan menyala, untuk mematikan mesin bisa menekan tombol di remot gambar kunci terbuka 1x.

Jika pengujian reley anda baik seperti yang saya instruksikan di atas, maka selamat anda sudah sukses menerapkan skema yang saya buat dan merangkainya dengan tangan anda sendiri, mungkin anda sudah merasa puas dengan hasil upaya anda sendiri, disini admin hanya mengucapkan saja selamat atas upaya anda memasang relay semoga artikel yang saya buat ini bermanfaat untuk Anda dan teman-teman yang telah membaca artikel ini.

Pаnduаn іnі grаtіѕ, tіdаk dірungut bіауа ѕереѕеrрun. jіkа аdа kеѕаlаhаn dаlаm реmаѕаngаn аlаrm mоtоr уаng bіѕа mеrugіkаn аndа. Kаmі tіdаk bеrtаnggung jаwаb. Mоhоn ѕеlаlu bеrhаtі-hаtі dаlаm реmаѕаngаn аlаrm mоtоr. 

Jіkа аndа tаkut mеmаѕаng ѕеndіrі ѕіlаkаn ѕеrаhkаn раdа аhlіnуа. Kоntаk jаѕа реmаѕаngаn аlаrm mоtоr аdа раdа Menu Navigasi Footer yang ada dibawah blog ini klik >"Contact" dan anda akan dialihkan ke halaman contact.

Demikian Artikel tentang Tutorial Cara Pasang Relay 12vdc Untuk Pemasangan Alarm Motor Remote pada Yamaha Mio jika ada pertanyaan tentang artikel ini atau Anda request mau dibuatkan artikel Seperti apa silakan tulis komentar anda pada kolom komentar yang ada di bawah postingan ini selamat berjumpa lagi dengan admin di postingan berikutnya.

Post a Comment for "Tutorial Cara Pasang Relay 12vdc Untuk Pemasangan Alarm Motor Remote pada Yamaha Mio"