Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pasang Alarm Motor MP ONE WAY pada Mega Pro FI

rajaalarmmotor.com - Hai sobat blogger pada artikel sebelumnya saya telah membuat tutorial Pasang Alarm Motor GOLDEN SIX pada Scoopy FI pada kesempatan ini saya akan membuat postingan artikel lain yaitu yang berjudul: Pasang Alarm Motor MP ONE WAY pada Mega Pro FI




Honda Mega Pro FI Kendaraan ini adalah Kendaraan Sport yang sangat laku dipasaran, harga sangat terjangkau dengan kwalitas mesin yang handal.

Mengikuti perkembangan waktu, kendaraan-kendaraan saat ini sudah dilengkapi pengaman yaitu system keyless.

Bagi sobat blogger yang ingin upgrade kendaraannya dan ingin dilengkapi pengaman anti maling, silakan simak postingan saya kali ini.

Jika Sobat Blogger akan Memasang Alarm Motor seperti Merk BHT, Alarm vinyx, Alarm MP One Way, Alarm Mp Two Way, Alarm Mp One Way, Alarm Panom, Alarm Wm, Alarm v12, Alarm BHT Bohante, Alarm Panastar dan merk terbaru lainya pada Honda Mega Pro FI. Yang perlu Sobat Blogger siapkan adalah alat dan bahan.

ALAT DAN BAHAN
  • Obeng Plus
  • Obeng Minus
  • Kunci Sock
  • Kunci Ring
  • Kunci Pas
  • Gunting
  • Tang Potong Kabel
  • Solder Listrik
  • Isolasi Listrik
  • dll
Perlu diketahui bahwa alarm Kendaraan mempunyai dua kabel yaitu kabel speaker, satu kabel pendek yaitu kabel antena, delapan kabel yaitu kabel yang perlu disambung pada kabel Kendaraan, delapan buah Kabel ini meliputi warna merah, hitam, orange, biru, pink, abu-abu dan dua kabel kuning, delapan kabel ini masing-masing mempunyai fungsi yang berbeda-beda.

Fungsi dari masing-masing kabel adalah : merah dan hitam ini adalah kabel power supply positif & negatif, kabel orange berfungsi sebagai sensor, kabel biru sebagai starter, pink dan abu-abu sebagai cut engine, kuning sebagai sinyal lampu.

Pasang Alarm Motor MP ONE WAY pada Mega Pro FI


kali ini saya contohkan pemasangan alarm merk MP ONE WAY langkah-langkah penyambungannya, lepas dulu cover Kendaraan Sobat Blogger untuk mempermudah penyambungan kabel alarm pada kabel Kendaraan Honda Mega Pro FI.

Yang pertama lepas bagian cover yang memungkinkan kita untuk menyambung kabel pada Honda Mega Pro FI.

Terlebih dahulu, selama penyambungan kabel alarm pada Kendaraan agar tidak terjadi konsleting yang menyebabkan sekring putus.

Nanti seusai penyambungan kabel dan kabel sudah di isolasi selanjutnya Accu bisa dipasang kembali.

Penyambungan Kabel Alarm MP ONE WAY pada Kendaraan Honda Mega Pro FI :


1. Penyambungan Kabel Merah Alarm MP ONE WAY

Sambungkan kabel alarm MP ONE WAY warna merah, pada Terminal Accu positif Honda Mega Pro FI, kabel ini sebagai power supply positif. Jangan sampai kabel alarm warna merah alarm MP ONE WAY ini tidak tersambung, jika tidak tersambung maka alarm MP ONE WAY tidak akan berfungsi.

2. Penyambungan Kabel Hitam Alarm MP ONE WAY

Sambungkan kabel alarm MP ONE WAY pada kabel terminal accu negative Honda Mega Pro FI. kabel ini juga sebagai supply model alarm MP ONE WAY. Jangan sampai kabel alarm MP ONE WAY warna hitam alarm MP ONE WAY ini tidak tersambung, jika tidak tersambung maka alarm MP ONE WAY tidak akan berfungsi.

Untuk saat ini Alarm MP ONE WAY sudah bisa berbunyi pada saat remote alarm ditekan.

3. Penyambungan Kabel Orange Alarm MP ONE WAY

Penyambungan kabel alarm MP ONE WAY warna orange, kabel orange ini berfungsi untuk sensor ketika kunci Kendaraan di bobol oleh pencuri.

Sobat Blogger bisa menyambungkannya pada kabel output kunci Honda Mega Pro FI , Kabel Output kontak Honda Mega Pro FI warna hitam polos pada soket kunci kontak Honda Mega Pro FI, kabel Alarm MP ONE WAY orange ini harus tersambung pada kabel output kontak Honda Mega Pro FI yaitu warna hitam polos.

Ingat kabel orange harus tersambung pada kabel output kontak Honda Mega Pro FI warna hitam polos.

Anda juga bisa menemukan kabel ini pada relay kotak warna putih diatas Accu kendaraan Honda Mega Pro FI.

Untuk saat ini Spidometer Honda Mega Pro FI Bisa hidup ketika ditombol Stater 2x pada remote.

4. Penyambungan Kabel Biru Alarm MP ONE WAY

Penyambungan kabel Alarm MP ONE WAY warna biru, kabel warna biru Alarm MP ONE WAY ini berfungsi untuk starter mesin.

Sobat Blogger bisa menyambungkan dengan kabel Kendaraan Honda Mega Pro FI yaitu warna Kuning garis merah, kabel ini bisa Sobat Blogger temukan pada bendik starter diatas accu Kendaraan ataupun bisa di tombol starter Kendaraan Honda Mega Pro FI. Dalam penyambungan kabel biru alarm MP ONE WAY tidak perlu menambahkan relay karena kabel starter Kendaraan Honda Mega Pro FI ini sudah memakai arus positif.

5. Penyambungan Kabel Abu-abu dan Pink Alarm MP ONE WAY

Penyambungan kabel abu-abu atau kabel pink Alarm MP ONE WAY, kabel ini sama saja antara kabel abu-abu & pink keduanya berfungsi untuk Cut engine dan bermuatan negative.

Pilih saja kabel Abu-abu Alarm MP ONE WAY yang dipakai, Untuk kabel Warna pink Alarm MP ONE WAY sendiri tidak dipergunakan.

Silakan kabel warna Abu-abu Alarm MP ONE WAY disambungkan pada kabel Pulser Honda Mega Pro FI yaitu warna Biru garis kuning.

Kabel pulser warna Biru garis kuning Honda Mega Pro FI ini berada depan Accu kendaraan pada Soket 9 pin

6. Penyambungan Kabel dua buah kabel Kuning Alarm MP ONE WAY

Selanjutnya adalah penyambungan kabel warna kuning, kabel warna kuning pada Alarm MP ONE WAY berjumlah dua buah, kabel ini bermuatan positif.

Saran saya jangan sampai kabel ini Sobat Blogger sambungkan pada kabel negatif karena bisa menyebabkan sekring pada Accu Kendaraan Honda Mega Pro FI Sobat Blogger terputus.

Untuk penyambungan sendiri kabel ini bisa Sobat Blogger sambungkan pada kabel warna orange yaitu kabel sein kanan Honda Mega Pro FI.

Letak soket lampu sein ada di depan atau belakang dekat lampu sein Honda Mega Pro FI.

Untuk penyambungan kabel kuning Alarm MP ONE WAY satunya bisa Sobat Blogger sambungkan pada kabel sein kiri Honda Mega Pro FI yaitu warna biru muda atau agak abu-abu letak ada di depan atau di belakang yang dekat sama lampunya.


Pengujian Alarm MP ONE WAY yang sudah terpasang pada Honda Mega Pro FI


*Tombol Lock Alarm MP ONE WAY

Tekan tombol LOCK , tombol ini berfungsi untuk mengunci atau mengaktifkan alarm ketika motor diparkir. Alarm akan berbunyi jika kunci dibobol atau disentuh. Tekan tombol UNLOCK untuk mematikan alarm.

*Tombol Unlock Alarm MP ONE WAY

Tombol UNLOCK ,tombol ini befungsi untuk mematikan alarm ketika alarm berbunyi atau berfungsi mematikan mesin ketika mesin dihidupkan dari remote.

*Tombol Sirine Alarm MP ONE WAY

Tombol SIRINE , tombol ini berfungsi untuk mencari di parkiran luar, alarm akan berbunyi dan sein kanan-kiri akan berkedip-kedip.

*Tombol Petir Alarm MP ONE WAY

Tombol PETIR ,tombol ini berfungsi menghidupkan mesin dari remote, tekan 2 kali sampai mesin hidup. Dan untuk mematikan mesin tekan tombol UNLOCK 1kali.

Demikian Pembahasan tentang Pasang Alarm Motor MP ONE WAY pada Mega Pro FI semoga bermanfaat untuk kita semua.

Rania Nur Aisyah
Rania Nur Aisyah Saya adalah seorang penulis sejak 2011

2 comments for "Pasang Alarm Motor MP ONE WAY pada Mega Pro FI"

  1. Saya sudah lakukan yg abang bilang tp kenapa yah ketika saya tekan tombok lock secara otomatis bunyi terus menerus dan ketika di tekan tombol petir starter tidak menyala

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mohon di cek lagi kak pemasangan kabelnya, mungkin ada kekeliruhan, terima kasih

      Delete